Apakah anda merasa jenuh, penat dan stres dengan aktifitas pekerjaan sehari-hari? Inilah saatnya Anda perlu menyegarkan diri atau refreshing dengan kembali ke hutan, menghirup udara segar, mendengar suara air sungai dan memanjakan mata dengan warna-warna alam. Air Terjun Dua Warna, bisa menjadi pilihan Anda untuk refreshing selama beberapa hari libur ini. Letaknya pun tidak jauh dari Kota Medan, hanya 1 jam perjalanan saja.

Selain Themepark yaitu Hillpark Sibolangit, ada sebuah objek wisata yang tidak kalah asyiknya di daerah Sibolangit dan bisa menjadi alternatif bagi liburan anda. Dan berbeda dengan Hillpark Sibolangit, tempat wisata ini adalah benar benar wisata alam. Namanya adalah Air Terjun Dua Warna. Air Terjun Dua Warna Sibolangit terletak di Desa Durin Sirugun, kaki Gunung Sibayak, Sumatera Utara, Indonesia. Dapat ditempuh melalui perjalanan darat, melintasi Bumi Perkemahan Sibolangit. Jarak tempuh dari Medan – Sibolangit sekitar 75km (1 Jam perjalanan berkendaraan mobil), dan dari Pintu Utama Bumi Perkemahan Sibolangit membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk tiba di Air Terjun Dua Warna.

Wah, jadi untuk sampai di Tempat Wisata Air Terjun Dua Warna ini,tidak bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jadi benar benar harus masuk hutan dan berjalan kaki untuk menjelajahi hutan selama 2-3 jam. Namun tenang saja, biasanya ada pemandu wisata yang disebut ranger yang tugasnya memandu kita untuk sampai di sana. Jadi tidak perlu takut sampai kesasar. Namun, Untuk yang tidak kuat fisik atau orang orang tua, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk datang kemari. Cukup beristirahat saja di Villa Hillpark Sibolangit. Biarkan anak anak muda yang menempuh perjalanan yang cukup melelahkan ini. (2-3 jam untuk sampai ke Air Terjun Dua Warna dan 2-3 jam untuk balik kembali ke Bumi Perkemahan Sibolangit, jadi total diperlukan waktu 5-6 jam berjalan kaki menyusuri hutan Sibolangit).

air%20terjun%202%20warna%20sibolangit%281%29 Air Terjun Dua Warna

Jalan-jalan ke Air Terjun Dua Warna ini, Anda bisa kembali merasa fresh karena pemandangan hutan dan udaranya yang masih segar. Keadaan yang masih alami itulah yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kesegaran tubuh dari segala kepenatan. Tetapi, di akhir pekan, objek wisata Air Terjun Dua Warna di Sibolangit ini sangat penuh sesak dengan wisatawan lokal.

Air terjun yang satu berwarna biru indah dan air yg sangat dingin, dengan tebing-tebing berlumut hijau di sekitarnya. Satunya lagi berwarna putih bening dan terasa hangat. Kedua air terjun ini terpisah dekat oleh beberapa air terjun kecil penghias tebing. Warna biru dari air terjun telaga dua warna atau telaga biru kemungkinan disebabkan air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan tanah awalnya berwarna putih namun setelah jatuh ke telaga berubah menjadi biru. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab mengapa air terjun itu berubah menjadi biru. Sedangkan orang yang dianggap pertama sekali menemukan keajaibannya itu juga sampai sekarang belum diketahui. Namun air terjun ini sejak dulu sudah sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa pencinta alam yang camping di sekitar Bumi Perkemahan Sibolangit.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Dua Warna ini, kita akan melihat ada 3 buah air terjun, satu di antaranya merupakan air terjun Telaga Biru. Kita dapat berenang dan mandi di Telaga Biru tepat di bawah air terjun itu. Namun pengunjung untuk sementara tidak bisa berlama-lama, disebabkan oleh faktor cuaca karena dikhawatirkan hujan. Jika hujan turun, pengunjung akan kewalahan karena tidak adanya tempat untuk berteduh dan jalan yang licin. Di samping itu jika hari mulai gelap, dikhawatirkan pengunjung tidak dapat lagi melihat jalur lintasan untuk kembali pulang alias tersesat.

Tempat wisata ini memang terkesan unik. Dari namanya saja orang-orang menyebutnya Air Terjun Dua Warna sebab air terjun yang turun dari sungai atas akan tertampung ke sebuah danau kecil dan disinilah air tersebut memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan. Setelah ditelusuri ternyata air terjun ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi, air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang namun jangan pernah meminum air tersebut. Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. So, bagi kalian yang sedang mengunjungi kota Medan di Sumatra Utara dan  sangat mencintai keindahan alam Indonesia, tunggu apa lagi.

DSC00046 768x1024 Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna berketinggian 100 meter, bersumber dari Gunung Sibayak, dan air yang turun dari sungai atas akan tertampung ke sebuah danau kecil. Warna air terjun ini yaitu biru muda dan putih keabu-abuan, karena kandungan phospor dan belerang yang akan menghasilkan warha biru muda. Karena mengandung belerang, Anda dilarang meminum air dari Air Terjun Dua Warna. Persiapan yang harus dibawa selama menuju Air Terjun Dua Warna juga harus Anda pikirkan.  Air Terjun Dua Warna juga dikenal dengan nama Telaga Biru Sibolangit.

Incoming search terms:

  • air terjun dua warna
  • brastagi danau 2 warna
  • air terjun 2 warna berastagi
  • wisata berastagi danau dua warna
  • penginapan dekat perkemahan sibolangit
  • telaga dua warna berastagi
  • rute jalan ke dua warna sumatera
  • jarak tempuh sibolangit
  • Jarak bumi perkemahan sibolangit ke gunung sinabung
  • hotel/penginapan di dkat bumi perkemahan sibolangit